Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Freelancer Serta Hal Wajib Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer



Jika kamu ingin menghasilkan uang tanpa harus terikat oleh suatu perusahaan, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu coba.


Freelance atau bisa disebut dengan pekerja lepas ini sudah banyak sekali peminatnya. Dengan seiring berkembangnya zaman digitalisasi pekerjaan freelance ini menjadi banyak ragam profesi. Mulai dari programer, desainer, copywriter, ilustrasi, akuntansi, penerjemah dan masih banyak lainnya.


Sebelum kita lanjut lebih dengan tentang seputar freelance ini. Alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer.


Kelebihan Menjadi Seorang Freelance

  1. Nomaden

Karena pekerjaan freelance ini tidak berpatok atau terikat oleh suatu perusahaan, jadi kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu dimanapun yang kamu suka. Bisa mengerjakan dirumah, di cafe, dikamar, pokoknya dimana aja yang bikin kamu nyaman hehe.


Seperti halnya banyak juga para freelancer turis yang sambil liburan di bali. Mungkin ketika kamu melihat para turis di bali itu cuma liburan saja padahal disana banyak yang kerja sambil liburan mencari ketenangan di pulau dewata. 


  1. Bebas Saat Memilih Client

Dengan kamu menjadi seorang freelance atau pekerja lepas jadi kamu bisa memilih proyek client yang kamu inginkan, bahkan kamu juga bisa mengambil semua proyek dari client jika kamu sanggup untuk menyelesaikannya.


Denga bisa memilih client kamu lebih bisa memilih porsi proyek yang kamu ambil sesuai dengan keahlian dirimu sendiri.


  1. Mendapatkan Upah Sesuai Keahlianmu

Berbeda dengan karyawan, Kamu bisa menentukan upah yang sesuai dengan keahlianmu serta kerja kerasmu. Sedangkan karyawan tetap perusahaan bisa mendapatkan upah kecil yang tidak sesuai dengan keahlian atau kerja keras yang telah dikerjakan.


Jadi kamu bisa menentukan upah sendiri yang sesuai dengan waktu yang telah kamu habiskan serta kerja keras kamu sudah sepadan atau belum dengan upasnya nanti.


Kekurangan Menjadi Seorang Freelance

  1. Upah Tidak Tentu

Jika karyawan pasti setiap bulan mendapatkan gaji dari sebuah perusahaan, sebaliknya seorang freelance hanya mendapatkan upah jika proyek itu sudah selesai.

Akan tetapi jangan berkecil hati dulu, walaupun upah seorang freelance tidak menentu tapi bisa lebih dari gaji seorang karyawan jika kita bersungguh-sungguh.


  1. Menghadapi Client

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, nah disini kamu akan mendapatkan client yang memiliki sifat berbeda-beda juga. Dengan tawar menawar untuk sebuah proyek akan sedikit susah karena mendapatkan karakter yang berbeda-beda.


Kamu juga harus berhati-hati dengan client, karena ada juga orang yang memakai jasa kita akan tetapi mereka tidak membayar kita.


  1. Persaingan

Tidak sedikit yang berpindah ke freelance, banyak ratusan bahkan sampai ribuan freelance di luaran sana yang memiliki keahlian serta kualitas kerja yang tinggi.


Jadi saran admin untuk kamu yaitu tingkatkan keahlian serta kualitas kerja dan juga perbanyak portofolio untuk membuat client lebih percaya untuk memilih kamu.


  1. Ketidakpastian

Kita tidak tahu dengan takdir kita. kita sebagai manusia hanya bisa untuk berusaha dan berdoa kepada sang pencipta. Kita tidak tahu kedepannya apakah kita akan mendapatkan proyek besar atau kecil dari client.


Kita juga tidak tahu apakah dengan freelance bisa mencukupi kebutuhan hidup entah itu untuk diri-sendiri atau keluarga. Karena upah dari freelance ini yang tidak pasti.



Jadi itulah kelebihan serta kekurangan menjadi seorang freelance. Setiap pekerjaan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.


Setelah kita tahu kelebihan dan kekurangan nya kita lanjut ke hal-hal yang yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer.


Hal Wajib Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Jika kamu ingin memulai menjadi seorang freelancer. alangkah baiknya untuk menyimak hal wajib ini agar bisa menjadi pertimbangan buat kamu.


  1. Pekerjaan Sesuai Passion

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Banyak sekali macam pekerjaan freelance yang tersedia, kamu bisa cek pekerjaan freelance yang banyak dicari. 

Dengan kamu memilih pekerjaan yang sesuai passion kamu, maka kamu akan melakukan pekerjaan itu dengan senang hati dan penuh semangat. Serta kamu lebih semangat lagi untuk belajar hal yang baru dengan sesuai passionmu.


  1. Perluas Jaringan dan Skill

Jika kamu ingin menjadi freelance kamu wajib untuk memperluas jaringan serta terus mengasah skill dan kemampuan agar tidak ketinggalan hal-hal baru yang sedang terjadi di dunia freelance.


Kamu bisa perluas jaringan dan skill dengan cara mengikuti seminar, kursus atau konferensi tertentu yang bersangkutan dengan passionmu.


  1. Promosikan Keahlian

Semua orang tidak tahu kamu memiliki keahlian jika kamu cuma diam saja. Jadi kamu harus mempromosikan dirimu serta keahlianmu di sosial media atau di berbagai platform seperti linkedin. 

Jangan berharap untuk client datang secara tiba-tiba meminta untuk mengerjakan proyek kamu karena orang tidak tahu kamu serta keahlianmu.


  1. Testimoni Client

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah testimonial. Jika client kamu puas dengan proyek yang telah kamu buat, tidak ada salahnya untuk meminta testimonial dari client tersebut.


Karena dengan testimoni dari client maka akan mengundang para client-client lainnya untuk memberikan proyek kepada kamu.


Kesimpulan

Untuk saat ini, banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang freelancer yang sukses. akan tetapi ada juga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer. Serta kita harus tahu kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelance.


Jika kamu sudah menentukan untuk menjadi seorang freelancer. mulailah mencari proyek pertamamu dengan mencari client di media sosial atau cari situs-situs freelancer terbaik di indonesia.


Jika sudah mendapatkan proyek pertamamu jangan lupa untuk meminta testimonial dari client serta minta rekomendasian untuk proyek-proyek lagi yang akan datang.


Jika sudah mendapatkan beberapa proyek, langkah selanjutnya yaitu jangan lupa untuk membuat portofolio diri agar dapat meningkatkan daya saing serta kepercayaan client terhadap kamu.


Jadi itulah cara menjadi freelancer serta hal wajib yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer. Gimana apakah kamu siap untuk menjadi seorang freelancer sukses?


Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer Serta Hal Wajib Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer"